Tata Boga

Salah satu ketrampilan yang ada di MTs Sleman Kota adalah “Tata Boga”. Ketrampilan tata boga sudah ada sejak dulu. Tetapi dulu hanya memasak. Lalu,berkembang dengan ketrampilan lainnya

Ketrampilan tata boga sekarang dibina oleh Bu Diah dan Bu Indra. Adapun tujuannya agar anak-anak mempunyai bekal skill (ketrampilan), melatih anak-anak agar mandiri dan trampil.

Jumlah peserta tata boga tahun ini untuk kelas VII berjumlah 30 anak dan kelas VIII sebanyak 35 anak. Waktu pelaksanaan untuk kelas VII setiap hari Jumat dan kelas VIII setiap hari Sabtu dan dilaksanakan di ruang tata boga.

Materi yang diajarkan adalah teori dan praktek. Untuk teori di antaranya materi tentang gizi, menu makanan, memilih makan-makanan yang sehat, membuat resep makanan. Sedangkan untuk praktek, anak-anak selalu diajari praktek membuat kue dan masakan. Peralatan yang dibutuhkan banyak sekali, tentunya peralatan dapur. Contohnya kompor, oven, wajan, dan lain-lain.

Prestasi memasak sampai saat ini belum ada, tetapi Bu Diah sudah pernah menjuarai lomba Darma Wanita tingkat Kabupaten Sleman dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Kendala yang dialami dalam ketrampilan tata boga yaitu waktu yang kurang. Saran Bu Diah, harus selalu rajin mencoba dan mencoba (try and try), disiplin, dan gigih. Kesan Bu Diah membimbing ketrampilan tata boga, beliau merasa senang karena dapat memberikan ilmu kepada anak-anak. Harapan Bu Diah, anak-anak yang mengikuti tata boga agar maju ke depannya.
Manfaat yang diperoleh para siswa yang mengikuti ketrampilan tata boga adalah mereka bisa mencari tambahan uang saku dengan menitipkan kue buatannya atau bisa dititipkan di koperasi.

Tulis tanggapan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan. Tanda * berarti wajib diisi